Pantangan Nyeri Sendi Lutut Terlengkap

pantangan nyeri sendi lutut

pantangan nyeri sendi lutut

Secara umum, para ahli menyarankan orang yang mengalami arthritis untuk menjaga berat badan yang sehat dan makan makanan yang seimbang. Arthritis merupakan istilah umum yang mencakup rasa nyeri di bagian sendi, salah satunya terjadi karena adanya peradangan disertai bengkak. Bagian yang paling sering terkena adalah lutut.

Meskipun tidak ada diet tunggal untuk diikuti, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada makanan tertentu yang dapat memicu peradangan sehingga dilarang bagi penderita radang sendi untuk mencegah rasa sakitnya.

Dan berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang menjadi pantangannya.

Pantangan Nyeri Sendi Lutut

1. Karbohidrat Olahan

Produk tepung putih, nasi putih, kentang putih, kentang tumbuk instant, kentang goreng dan sereal merupakan jenis dari karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan bisa mengalahkan lemak sebagai pendorong utama kenaikan tingkat obesitas dan kondisi kronis lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian di tahun 2009, menunjukkan bahwa penurunan dalam jumlah makanan olahan dengan cara digoreng dapat mengurangi peradangan dan benar-benar membantu pertahanan alami tubuh. Anda bisa mengurangi jumlah makanan olahan dalam asupan harian Anda, terutama yang dimasak dengan cara digoreng. Anda bisa menggantinya dengan sayuran dan buah-buahan segar.

2. Gula

Tidak sedikit orang yang senang dengan makanan manis seperti kue kering, cokelat, soda, bahkan jus buah yang mengandung gula. Namun, ara ahli kesehatan memperingatkan bahwa gula yang diproses dapat memicu pelepasan utusan inflamasi yang disebut sitokin. Nama lain dari gula adalah fruktosa atau glukosa yang biasanya tertera dalam tabel makanan.

Jumlah gula yang tinggi dalam makanan Anda menghasilkan peningkatan AGE (Advanced Glycation End-products), yang dapat menyebabkan peradangan. Produk akhir glikasi mutakhir (AGE) adalah toksin yang muncul saat makanan dipanaskan, dipanggang, digoreng, atau dipasteurisasi.

Usia dapat merusak protein tertentu di dalam tubuh. Saat tubuh mencoba untuk menghentikan, AGE ini terpisah dengan menggunakan sitokin yang merupakan pembawa pesan inflamasi. Bergantung pada di mana AGE terjadi, mereka bisa menyebabkan radang sendi atau bentuk peradangan lainnya.

Periset telah menunjukkan bahwa mengurangi jumlah makanan yang dimasak dalam suhu tinggi dalam makanan dapat berpotensi membantu mengurangi kadar AGE dalam darah.

3. Produk susu

Produk susu dapat menyebabkan rasa sakit artritis karena jenis protein yang dikandungnya. Bagi beberapa orang, protein ini bisa mengiritasi jaringan di sekitar sendi mereka. Orang yang memiliki artritis sudah banyak yang berhasil beralih ke pola makan vegatarian yang tidak mengandung produk hewani apapun. Anda bisa mengganti protein hewani dengan protein nabati seperti dari sayuran, misalnya bayam, mentega kacang, tahu dan jenis kacang lainnya.

4. Alkohol dan tembakau

Penggunaan tembakau dan alkohol dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk beberapa yang dapat mempengaruhi kesehatan sendi. Perokok berisiko terkena rheumatoid arthritis, sementara mereka yang mengonsumsi alkohol memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan asam urat.

Alkohol adalah beban bagi hati. Penggunaan berlebihan tentu saja dapat melemahkan fungsi hati dan mengganggu interaksi multi organ lainnya dan menjadi penyebab peradangan. Paling baik alkohol dieliminasi atau digunakan secukupnya.

Sendi yang sehat memerlukan diet seimbang, aktivitas fisik dan waktu isitrahat yang cukup. Secara keseluruhan, hal tersebut dapat di kompromikan dengan mengurangi penggunaan alkohol dan tembakau. Kurangi minum alkohol dan merokok, juga jalani kebiasaan makan Anda dengan pilihan sehat, olahraga teratur, dan jam tidur yang cukup.

5. Minyak jagung

Banyak makanan yang diproses dengan cara dipanggang dan makanan ringan yang mengandung jagung atau minyak lainnya yang kaya akan asam lemak omega-6. Sementara makanan tersebut dapat memicu peradangan. Untuk itu minyak jagung dikategorikan sebagai pantangan nyeri sendi lutut.

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak ikan, yang mengandung omega-3, dapat membantu mengurangi nyeri sendi pada orang-orang tertentu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti asam lemak omega 6 dengan omega 3 sehat dengan kandungannya yang bersifat antiinflamasi. Anda dapat menemukannya dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, biji rami dan biji labu.

6. MSG

Mono-sodium glutamat (MSG) adalah aditif makanan yang meningkatkan rasa yang paling sering ditemukan pada makanan olahan dan kecap Asia, namun juga dapat ditambahkan ke makanan cepat saji, dan sup daging. Bahan kimia ini dapat memicu dua jalur penting peradangan kronis dan mempengaruhi kesehatan hati.

7. Gluten

Orang yang menderita nyeri sendi dan sensitif terhadap gluten, mungkin merasa lega dengan menghindarinya. Dan mereka yang didiagnosis dengan penyakit seliaka, di mana gluten memicu respons autoimun yang merusak usus kecil dan kadang menyebabkan nyeri sendi dapat terasa lega saat mereka menerapkan diet bebas gluten.

8. Aspartam

Aspartam adalah pemanis buatan non-nutrisi dan intens yang ditemukan di lebih dari 4.000 produk di seluruh dunia. Meskipun disetujui oleh FDA, penelitian tentang dampaknya beragam, dan dampaknya terhadap orang-orang dengan penyakit autoimun tidak diketahui. Jika Anda peka terhadap bahan kimia ini, sistem kekebalan tubuh Anda mungkin bereaksi terhadap “zat asing” dengan menyerang bahan kimia tersebut, yang jika tidak, akan memicu respons inflamasi.

9. Lemak jenuh

Lemak sebetulnya merupakan makanan sehat yang juga penting sehingga dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika lemak tersebut terlalu banyak, maka dapat membahayakan kesehatan. Lemak jenuh yang terdapat dalam makanan tertentu dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh. Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki arthritis lebih beresiko mengalami penyakit jantung. Mungkin ada pengecualian dalam kategori lemak jenuh pada minyak kelapa, karena lemak jenuh yang berbasis tanaman ini memiliki kandungan anti-inflamasi.

10. Garam berlebih.

Bagi beberapa orang, kelebihan konsumsi garam bisa menyebabkan radang sendi. Untuk itu, kurangi asupan garam Anda dalam jumlah yang wajar untuk menghindari artritis. Hindari juga makanan siap saji. Meskipun mereka senang, namun seringkali makanan yang mudah dimakan memiliki kandungan sodium yang tinggi.

Para pakar kesehatan telah setuju bahwa konsumsi garam dalam kadar yang terlalu banyak akan sangat tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak garam dapat membuat sel tubuh menarik air seperti spons. Retensi air dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah juga meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, pengurangan konsumsi garam dapat membantu Anda menurunkan risiko radang sendi, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal bahkan serangan jantung. Selain itu, pengurangan garam juga dapat mencegah kurangnya kalsium dari tulang juga risiko osteoporosis.

Tips Untuk Mengurangi Asupan Garam.

  • Mencuci bersih sayuran kaleng dengan air dingin secara menyeluruh dapat membantu mengurangi kadar garam yang hampir setengahnya.
  • Karena penggunaan garam dikurangi, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bumbu lain seperti lada, jus lemon dan cuka.
  • Gantri sarapan Anda dengan sarapan siap saji seperti bagel dan sereal, sarat dengan sodium.
  • Carilah roti rendah garam atau tanpa garam, yogurt atau kentang goreng.
    Daging, buah dan sayuran segar Ketiga asupan sehat tersebut mengandung kadar sodium yang rendah. Daging dan sup kalengan, sup campuran, makan malam beku dan daging siang makan olahan sering mengandung kandungan natrium yang tinggi.
  • Batasi bumbu. Produk seperti kecap, mustard, buah zaitun dan asinan kubis rata-rata memiliki kandungan garam yang tinggi.

10 Pantangan Nyeri Sendi Lutut diatas harus Anda hindari untuk menghindari rasa nyeri berulang di bagian sendi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *