Cara Menormalkan Trigliserida Akibat Diabetes dan Tiroid

Cara Menormalkan Trigliserida- Menstabilkan kadar trigliserida ini sangat penting, karena jika terlalu banyak trigliserida dalam tubuh, maka dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti stroke dan serangan jantung. Hal tersebut bisa Anda lakukan melalui pengobatan, olahraga teratur dan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

Cara Menormalkan Trigliserida

Apa itu trigliserida?

Trigliserida adalah lipid yang ditemukan di dalam darah. Lipid merupakan suatu komponen yang terdiri dari lemak, lilin, sterol, vitamin A,D,E dan K yang larut dalam lemak. Apabila seseorang makan, tubuh akan mengubah trigliserida yang tidak dibutuhkan dan menyimpannya dalam sel lemak. Nanti apabila tubuh memerlukan energi, maka trigliserida yang tersimpan akan dikeluarkan. Untuk itu, apabila seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi, maka kadar trigliserida dalam tubuhnya akan meningkat pesat.

Tingkat trigliserida ditentukan melalui tes darah. Empat klasifikasi trigliserida adalah:

  1. Normal dianggap kurang dari 150 (mg / dL)
  2. Berada di batas tinggi dengan 150 sampai 199 (mg / dL)
  3. Tinggi adalah antara 200 sampai 499 (mg / dL)
  4. Sangat tinggi dengan 500 mg / dL atau lebih

Meskipun trigliserida normal kurang dari 150 mg / dL, namun dokter biasanya menyarankan agar seseorang mendapatkan kadar trigliserida kurang dari 100 mg / dL untuk kesehatan optimal. Tingkat optimal sangat bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Apa Penyebab Trigliserida Tinggi?

Meningkatnya kadar trigliserida tinggi seringkali disebabkan oleh penyakit metabolik seperti diabetes. Adapun penyebab lain dari trigliserida tinggi yaitu :

  • Kegemukan
  • Terlalu banyak asupan alkohol
  • Hipotiroidisme
  • Masalah ginjal
  • Mengonsumsi makanan berkalori tinggi sedangkan kemampuan tbuuh untuk membakar kalori tersebut terbatas.

Obat tertentu juga bisa meningkatkan kadar trigliserida seperti steroid, diuretik, estrogen dan pil KB. Dalam kasus lain, trigliserida tinggi adalah masalah genetik.

Lalu Apa Tanda & Gejala Trigliserida Tinggi?

Kadar trigliserida yang tinggi tidak dapat menunjukkan gejala awal. Gejala biasanya terlihat saat kerusakan parah sudah terjadi. Dan berikut adalah gejalanya :

  • pembesaran limpa
  • peradangan prankeas
  • Hati berlemak
  • penumpukan lemak dibawah kulit

Perawatan Untuk Menormalkan Trigliserida

Menurunkan trigliserida sangat penting karena berkaitan dengan berbagai kondisi kronis lainnya. Penurunan faktor trigliserida akan mengurangi risiko kolesterol, penyakit ginjal, fatty liver dan gangguan jantung lainnya. Menurunkan trigliserida dimungkinkan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Beberapa perawatan untuk menurunkan trigliserida adalah:

1. Konsumsi Suplemen

Suplemen diberikan pada pasien dengan trigliserida. Suplemen adalah salah satu cara untuk menstabilkan kadar trigliserida. Ini mungkin menjadi pilihan terakhir yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan karena kondisi kesehatan lainnya terkait dengan trigliserida.

Hal ini tidak biasa untuk mempertimbangkan suplemen dan vitamin untuk pengurangan trigliserida. Faktanya, suplemen minyak ikan sering dianggap sebagai pengobatan pertama pada orang-orang yang menderita tingkat trigliserida yang meningkat bersamaan dengan gaya hidup dan perubahan pola makan, dan terkadang dapat benar-benar meniadakan kebutuhan akan obat-obatan dalam beberapa kasus. Selain itu, vitamin penting untuk pengurangan trigliserida karena dianggap mengandung vitamin B5. Tapi, manfaat vitamin E juga baru saja dieksplorasi karena peran mereka sebagai Cara Menormalkan Trigliserida dengan beberapa hasil yang cukup menakjubkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari seperempat kadar trigliserida dapat dikurangi dalam beberapa kasus dengan suplementasi vitamin E tiga hari bila dikombinasikan dengan pembatasan karbohidrat dari makanan. Yang cukup menarik, manfaat vitamin E untuk kesehatan jantung tidak berhenti mengurangi trigliserida dan kolesterol menurut penelitian. Ini juga menemukan bahwa kemampuan lipid untuk mempromosikan pembentukan plak juga terhambat saat vitamin e diperkenalkan. Manfaat luar biasa ini dapat mengurangi risiko penyakit arteri koroner pada beberapa individu.

2. Asam lemak omega 3

Meskipun fungsi utama mereka sebagai nutrisi adalah membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf yang sehat, penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kadar trigliserida darah tinggi

Asam lemak omega 3 adalah bentuk lemak yang baik. Ini biasanya ditemukan pada ikan tuna, makarel dan salmon. Selain ikan, ini juga bisa didapat melalui suplemen oral. Ini sering diberikan kepada pasien dengan masalah kesehatan lainnya namun juga efektif dalam menurunkan trigliserida tinggi. Namun, ini harus dilakukan dengan persetujuan dokter Anda. Jangan mengambil suplemen tanpa persetujuan apapun.

3. Hindari alkoholpantangan trigliserida

Semua jenis alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida. Anggur, bir dan jenis minuman beralkohol lainnya memiliki efek yang sama. Bahkan beberapa gelas alkohol dapat dengan mudah meningkatkan trigliserida, sehingga menghilangkannya sekaligus diperlukan.

4. Tingkatkan asupan makanan berserat

Hati Anda mengumpulkan trigliserida, kolesterol dan protein dalam paket lipoprotein, yang mengangkut nutrisi ini ke seluruh tubuh Anda. Dengan demikian, kadar trigliserida tinggi sering disertai dengan kadar kolesterol tinggi.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi membantu menormalkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang tinggi. Semua sumber serat alami mengandung sejumlah serat larut dan tidak larut. Serat larut adalah jenis yang larut menjadi zat seperti gel dan mengikat asam lemak untuk meningkatkan eliminasi mereka melalui limbah.

Mengkonsumsi berbagai macam makanan kaya serat, termasuk biji-bijian, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran membantu memastikan Anda mendapatkan banyak serat larut. Sumber serat larut yang signifikan meliputi gandum, apel, pir, plum, buah sitrus dan jamur.

5. Kurangi asupan permen

Permen cepat meningkatkan kadar trigliserida. Dan menghindari soda dan jenis kue apapun bisa menormalkan trigliserida dalam jangka panjang. Makanan dan minuman yang tinggi dalam karbohidrat olahan atau gula tambahan juga dapat secara signifikan meningkatkan trigliserida darah. Produk susu berlemak penuh dan sumber lemak jenuh lainnya juga harus dihindari, karena memberi kontribusi pada kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih tinggi.

6. Makan kacang kering dan kedelai

Protein dari sayuran dapat membantu menstabilkan trigliserida. Contohnya adalah kacang kering yang dapat dijadikan sebagai pilihan makanan yang baik, bila dikonsumsi secukupnya. Sayuran mustard adalah salah satu sumber vitamin E terbaik dan mereka dapat dinikmati baik mentah maupun dimasak.

7. Olahraga teratur

Olahraga teratur akan meningkatkan kolesterol baik dan membakar tingkat trigliserida yang tidak diperlukan. Pembakaran alami tubuh melalui olahraga teratur akan membantu menormalkan trigliserida. Namun alangkah baiknya, jika Anda menanyakan langsung pada ahli kesehatan tentang jenis olahraga yang dianjurkan.

8. Pertahankan berat badan yang sehat (ideal)

Studi menunjukkan bahwa obesitas berhubungan erat dengan trigliserida dalam tubuh. Mencapai berat badan normal dan seimbang akan mengurangi risiko peningkatan trigliserida. Mintalah ahli gizi berlisensi untuk mengetahui pola makan sehat sesuai usia dan tinggi badan Anda.

Itulah beberapa cara menormalkan trigliserida, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, jika Anda memiliki penyakit lain yang ada seperti diabetes dan masalah jantung, mintalah informasi tambahan kepada dokter.

Perubahan gaya hidup ini bila dipasangkan dengan perawatan medis dan pemantauan yang tepat dapat secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung dan menyebabkan kesehatan secara keseluruhan lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *