Cara Menambah Cairan Pelumas Pada Sendi Lutut

Cara menambah cairan pelumas pada lutut untuk menghilangkan bunyi “kretek” dan mengatasi peradangan sendi bisa Anda temukan dalam artikel kesehatan dibawah. Dapatkan juga informasi kesehatan lainnya di situs ini.

Sendi Butuh Pelumas?

Cara menambah cairan pelumas pada lutut

Setiap sendi di tubuh termasuk di bagian lutut, dilumasi dengan cairan sinovial yang berfungsi untuk melindungi sendi untuk menghindari gesekan antara tulang dan tulang rawan. Bila persendian tidak dilumasi dengan baik, maka rasa sakit bisa terjadi. Saat sendi terasa sakit, itu dapat mengurangi frekuensi gerak sehingga membatasi aktivitas.

Nyeri sendi biasanya terasa lebih parah di pagi hari dan di penghujung hari. Untuk membantu mengatasi sendi yang sakit, maka dibutuhkan cairan pelumas yang tepat untuk mengurangi peradangan, dibantu dengan menghindari pantangan makanan yang dapat memperburuk jaringan sendi. Mungkin suplemen nutrisi bisa menjadi pilihan.

Pelumas cenderung merangsang sel tulang rawan untuk membantu proses perbaikan tulang rawan alami, mengurangi peradangan dan mengurangi kerusakan kartilago yang rusak akibat enzim degradatif.

Adapun faktor yang menjadi pemicu penurunan cairan sinovial, yaitu:

  • Merokok merupakan faktor risiko dalam mengembangkan osteoporosis karena beberapa alasan.Perokok seing emmiliki berat badan yang rendah dan kepadatan tulang menadi berkurang. Itu terjaid karena rokok dapat menurunkan produksi estrogen dan meningkatkan pemecahan estrogen. Estrogen diketahui cukup protektif terhadap kepadatan tulang.
  • Gula dan alkohol merupakan asam yang dapat memicu peradangan. Kandungannya dapat meningkatkan penurunan mineral melalui pengeluaran urin. Diperlukan batasan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula dan alkohol yang tinggi untuk menurunkan risiko peradangan dan membanti kepadatan tulang agar tetap terjaga dengan baik.

Pada sendi rematik, suntikan HA cenderung memberikan rasa nyeri lebih lembut dan sedikit peradangan. Sementara sebagian besar praktik memerlukan serangkaian suntikan, para ahli medis menemukan bahwa satu suntikan terkonsentrasi juga bekerja dengan baik, mulai dari tiga bulan sampai satu tahun. Kita bisa menambahkan sel induk amnion atau PRP ke suntikan HA untuk merangsang penyembuhan jaringan.

Pelumasan yang buruk pada sendi dapat disebabkan oleh peradangan, trauma dan pembengkakan. Anda bisa mengkonsumsi multivitamin harian untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi terpenuhi. Nutrisi yang tepat dapat menciptakan dan mengganti cairan sinovial.

Cara Menambah Cairan Pelumas Pada Lutut

Berikut adalah beberapa kandungan alami yang baik untuk meningkatkan cairan sinovial dalam jaringan sendi.

  1. KALSIUM DAN VITAMIN D membantu dalam mencegah kehilangan tulang tambahan dan dalam menjaga kesehatan sendi yang kuat. Susu terkenal sebagai sumber kalsium, terutama suus full-fat dan yogurt. Namun, sejumlah besar susu dalam makanan bisa menjadi sangat asam terhadap mineral tulang. Memasukkan sayuran berdaun gelap ke dalam makanan bisa menjadi cara alternatif untuk memberi tubuh kalsium. Cobalah untuk tetap mengkonsumsi beragam sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan sayuran lainnya. Makanan yang juga kaya vitamin D terdapat dalam telur dan salmon.
  2. OMEGA 3 FATTY ACID bisa Anda temukan dalam kenari, air dingin, ikan berlemak, biji rami dan suplemen minyak ikan. Makanan ini membantu melumasi persendian sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait. Minyak dari salmon dan tuna mengandung EFA omega-3 penting yang disebut eicosapentaenoic acid (EPA), yang menghambat jenis hormon prostaglandin. Hormon ini keduanya meningkatkan zat peradangan, sekaligus meningkatkan prostaglandin yang menghambat peradangan. Minyak salmon, yang mengandung 18 persen EPA mungkin dapat menjadi pilihan dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit bahkan meningkatkan fleksibilitas sendi. Kandungan asam lemak omega-3 seperti yang terdapat pada salmon, sarden, kenari dan minyak canola dapat mendukung regenerasi cairan sinovial untuk melumasi sendi menjadi lebih baik.
  3. dehidrasiMINUM AIR PUTIH untuk melumasi persendian. Minumlah cukup air sepanjang hari untuk membantu produksi cairan sinovial. Minum dua liter air di siang hari dapat mencegah seseorang mengalami dehidrasi. Protein diperlukan karena cairan sinovial tersusun dengan asam amino yang terdapat pada protein.
  4. ANTIOKSIDAN membantu melawan radikal bebas, yang mungkin merusak persendian. Ekstrak biji anggur juga memiliki aktivitas antioksidan yang lebih baik daripada pemulung radikal bebas lainnya, menurut sebuah penelitian tahun 1998 oleh D Bagchi. Bahan aktif yang membawa hasil bagus ini disebut proanthocyanadin (kadang-kadang disebut leucanthocyanadin), manfatnya adalah mampu menghancurkan molekul oksigen yang merusak dan mematikan respons peradangan tubuh. Karena sensitivitas makanan dapat membuat jaringan sendi bereaksi dengan cara yang sama, efek antiinflamasi dari ekstrak biji anggur dapat meminimalkan alergi dan respons autoimun yang mempengaruhi persendian.
  5. Suplementasi GLUCOSAMINE & CHONDROITIN (menggabungkan 1500 mg glukosamin) setiap hari, telah terbukti bermanfaat dalam melumasi persendian dan mengurangi tingkat degenerasi kartilago di antara sendi. Glukosamin mampu memberi nutrisi pada sel-sel membran dan cairan sinovial. Sel ini membutuhkan gula (glukosa) pertama dan kedua, protein (amino) untuk metabolisme sel. Pada tahun 1980, sebuah penelitian di negara Jerman menggaris bawahi pentingnya pasokan glucosamine yang cukup untuk persendian. Glukosamin ini tidak hanya membantu jaringan sendi, namun ia mampu juga berfungsi sebagai pelumas sel.

Dari penelitian lain di tahun 1998 menjelakan bahwa sementara glukosamin bermanfaat bagi sintetis tulang rawan, ada kemungkinan tambahan juga bahwa glukosamin mampu merangsang produksi sinovial asam hialuronat (HA) yang terutama bertanggung jawab atas sifat pelembab dan peredam kejut cairan sinovial. Cairan sinovial dapat menurun pada mereka dengan osteoarthritis.

Jangan lupa untuk tidur yang cukup. Ini penting sekali bagi tubuh untuk melakukan perbaikan dan peremajaan secara alami. Melatonin telah memiliki efek positif pada pembentukan tulang saat tidur.

Kemudian, ingatlah untuk makan makanan seperti buah dan sayuran kuning dan oranye seperti wortel, melon, aprikot, dan sayuran berdaun gelap untuk vitamin A. Sumber vitamin C yang baik termasuk paprika merah, brokoli, jeruk, pepaya dan raspberry. Alpukat, kacang almond dan selai alami adalah sumber vitamin E yang baik, dan untuk selenium pilih kacang brazil, salmon, dan beras merah. Buah-buahan dan sayuran tersebut dapat memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk persendian.

Ada satu buah yang juga baik untuk persedian yaitu bilberry. Bilberry mampu meningkatkan aliran darah di arteriol sangat kecil. Hal ini dapat membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi sendi yang sedang bermasalah. Silica, yang ditemukan di ramuan horsetail atau preparasi silicea koloid, membantu memperkuat jaringan ikat dan tulang rawan dan membantu tubuh dan tulang menyerap kalsium. Hal ini juga diyakini bermanfaat untuk viskositas cairan sendi.

Itulah asupan-asupan kandungan alami diatas merupakan cara menambah cairan pelumas pada lutut yang bisa membantu mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit Anda secara alami. Dengan begitu, sendi Anda dapat kembali sehat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *