Hindari Pantangan Penyakit Ginjal Bocor Agar Sembuh!

penyakit ginjal bocor

Pantangan Penyakit Ginjal Bocor – Dua penyebab utama penyakit ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi, namun bila kondisi ini terkontrol, penyakit ginjal seringkali dapat dicegah atau diperlambat.

Diet ginjal bertujuan untuk mengurangi asupan makanan kaya protein juga sodium serta membatasi potassium dan fosfor yang menjadi pantangan penyakit ginjal untuk mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan tubuh sehingga mampu memperbaiki fungsi ginjal.

Sodium

Ini adalah mineral yang ditemukan di sebagian besar makanan yang kita makan, dan ini sering ditambahkan untuk meningkatkan rasa.

Kebanyakan orang berpikir bahwa garam dan sodium adalah hal yang sama, tapi garam sebenarnya hanya bagian dari senyawa sodium dan klorida.

Sodium adalah salah satu elektrolit utama tubuh yang membantu Anda mengendalikan keseimbangan cairan tubuh dan sel.

Sodium membantu melakukan fungsi dengan mengatur :

  • tekanan darah
  • volume darah
  • fungsi saraf
  • kontraksi otot
  • keseimbangan senyawa asam dalam tubuh
  • jumlah cairan yang disimpan dan dihilangkan oleh tubuh

Untuk lebih bisa mengatur asupan sodium yang seimbang, Anda bisa melakukan hal-hal seperti :

  • Memperhatikan ukuran porsi
  • Memilih daging segar dibanding daging yang dikemas
  • Memilih buah dan sayuran segar dibanding yang sudah dicampur garam atau dibuat beku
  • Menghindari makanan olahan
  • Memasak makanan dengan tambahan garam yang cukup (kurangi kadar garam dari biasanya)
  • Membatasi asupan sodium

Potassium

Potassium merupakan bagian dari mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, ia berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap teratur dan menjaga otot agar bekerja dengan baik.

Hal ini juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam aliran darah.

Oleh karena itu, ginjal dapat membantu menjaga keseimbangan potassium dalam tubuh.

Jika karena alasan apapun ginjal Anda tidak sesuai dengan tugas ini, kadar potassium yang tinggi dapat menyebabkan kondisi yang disebut hiperkalemia.

Hiperkalemia dapat terjadi dengan gejala seperti kelemahan otot, detak jantung tidak teratur hingga kematian.

Untuk lebih memantau asupan potassium Anda, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Membatasi makanan yang tinggi potassium (Anda bisa melihat kandungan potassium pada label makanan)
  • Batasi asupan susu dalam produk apapun
  • Pilih buah dan sayuran segar
  • Hindari pengganti garam dan bumbu dengan potassium

Fosfor

Mineral ini sangat penting dalam perawatan dan pengembangan tulang.

Hal ini juga terlibat dalam pengembangan jaringan ikat dan organ. Fosfor juga berperan dalam membantu pergerakan otot.

Ketidakseimbangan mineral karena masalah fungsi ginjal bisa menyebabkan tingginya kadar fosfor dalam darah.

Kenaikan kadar fosfor ini bisa menarik kalsium menjauh dari tulang Anda, sehingga membuatnya menjadi lemah.

Peningkatan kalsium dalam aliran darah bisa diendapkan dalam pembuluh darah, paru-paru, mata, atau jantung.

Untuk menjaga tingkat fosfor yang seimbang, akan lebih baik jika Anda mengetahui jenis makanan yang tinggi fosfor (contohnya: daging, makanan cepat saji, keju, susu dan ikan kaleng).

Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan dengan protein, usahakan dalam porsi kecil.

Makanan Yang Menjadi Pantangan Sakit Ginjal

Gagal ginjal pasien harus menghindari makanan yang tinggi fosfor atau sodium. Beberapa contoh termasuk :

Pantangan Penyakit Ginjal Bocor

  • biskuit
  • muffin
  • pancake
  • wafel
  • oatmel
  • daging olahan
  • keju olahan
  • ikan kaleng
  • bayam
  • kentang
  • kurma
  • jeruk
  • garam musiman
  • kecap
  • mayones
  • mentega

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Ginjal

1. Paprika merah

Sayuran ini rendah potassium sehingga ideal untuk diet ginjal. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin C dan A serta vitamin B6.

Mereka juga merupakan sumber besar lycopene, antioksidan yang melindungi terhadap kanker tertentu.

2. Kubis

Kubis mengandung fitokimia yang membantu memecah radikal bebas sebelum bisa merusak.

Bahan kimia ini juga dikenal untuk melindungi terhadap kanker dan juga bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular.

Kubis adalah sumber vitamin K dan C yang hebat dan memiliki banyak serat.

3. Kembang kol : Menjadi kaya akan vitamin C dan sumber folat dan serat yang baik, kembang kol bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet apapun.

Sayuran ini dikemas dengan senyawa indoles, glucosinolates, dan tiosianat yang membantu hati menetralkan zat beracun yang berpotensi merusak selaput sel dan DNA juga kerusakan pada ginjal.

4. Bawang putih/merah

Selain mampu membantu mencegah terbentuknya plak pada gigi Anda, bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Selain rendah potassium, bawang putih merupakan sumber kromium yang baik yang membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

5. Apel

Apel bahkan mengandung senyawa antiinflamasi yang hebat untuk mengurangi peradangan dan kerusakan pada ginjal.

6. Cranberries

Buah beri yang lezat ini diketahui mampu melindungi dari infeksi kandung kemih dengan mencegah bakteri yang berusaha masuk dan menempel didalamnya.

7. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan tinggi yang disebut anthocyanidins, yang memberi mereka warna biru dan mereka meledak dengan senyawa alami yang mengurangi peradangan.

Blueberry adalah sumber vitamin C yang baik dengan kandungan serat yang cukup.

Mereka juga dapat membantu melindungi otak dari beberapa efek penuaan.

Antioksidan dalam blueberry dan buah beri lainnya telah terbukti membantu memperlambat kerusakan tulang pada tikus yang dibuat rendah estrogen.

8. Raspberry

Raspberry mengandung phytonutrisi yang disebut asam ellagic yang membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan sel.

Mereka juga mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin dan juga mengandung antioksidan.

Sumber mangan, vitamin C, serat dan folat yang sangat baik, vitamin B pada raspberry dapat memiliki khasiat yang menghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan tumor.

9. Stroberi

Stroberi kaya akan dua jenis fenol yaitu anthocyanin dan ellagitannin.

Anthocyananins merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi struktur sel tubuh dan mencegah kerusakan oksidatif.

Mereka diketahui memberikan perlindungan jantung, begitu pula anti kanker dan komponen antiinflamasi.

10. Ceri

Ceri telah terbukti bisa mengurangi peradangan saat dimakan setiap hari.

Mereka juga dikemas dengan antioksidan dan fitokimia yang melindungi jantung.

Ceri: Dikemas dengan antioksidan dan fitokimia, membantu melindungi jantung.

Ceri juga telah terbukti bisa mengurangi peradangan saat dimakan setiap hari.

11. Anggur merah

Anggur merah mengandung beberapa flavonoid yang memberi warna kemerahan.

Flavonoid membantu melindungi terhadap penyakit jantung dengan mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah.

Resveratrol, flavonoid yang ditemukan dalam buah anggur, juga dapat merangsang produksi oksida nitrat yang membantu melemaskan sel otot di pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah.

Anggur merah: Dikenal mengandung beberapa flavonoid untuk memberi warna merah khas dan membantu melindungi terhadap penyakit jantung dengan cara mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah.

12. Putih telur

Putih telur adalah protein murni yang memberikan kualitas protein tertinggi dengan semua asam amino esensial.

Untuk diet ginjal, putih telur memberikan protein dengan fosfor lebih sedikit dibanding sumber protein lainnya seperti kuning telur atau daging.

13. Ikan

Ikan menyediakan protein berkualitas tinggi dan mengandung lemak anti-inflamasi yang disebut omega-3.

Lemak sehat pada ikan dapat membantu melawan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Omega-3 juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

14. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber asam oleat, asam lemak anti-inflamasi. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun melindungi dari oksidasi.

Minyak zaitun kaya akan senyawa polifenol dan antioksidan yang mencegah peradangan dan oksidasi.

Pilih minyak zaitun extra virgin karena lebih tinggi antioksidannya.

Gunakan minyak zaitun untuk membuat saus salad, dalam memasak, untuk mencelupkan roti atau untuk merendam sayuran.

15. Jahe: Dikenal memiliki sifat analgesik, sedatif, antipiretik, dan antibakteri, jahe bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet apapun.

Ini juga mengandung vitamin B5, magnesium, dan mangan.

Jahe biasanya juga digunakan untuk membantu mengobati nyeri sendi dan juga mengurangi rasa mual.

Berikut ini adalah daftar makanan lainnya yang boleh Anda konsumsi.

  • roti
  • sereal
  • nasi
  • pasta
  • makanan sehat untuk orang sakit ginjalpopcorn
  • taoge
  • terong
  • selada
  • asparagus
  • seledri
  • anggur
  • pir
  • mangga
  • blueberry
  • daging sapi
  • unggas
  • telur

Lemak seperti mentega, margarin, atau minyak harus dibatasi satu sendok teh atau satu sendok makan sehari.

Cara Mengobati Ginjal Bocor Secara Alami

Membuat pilihan makanan sehat dan mengendalikan asupan gula, lemak, sodium dan garam dapat membuat perbedaan besar dalam mengelola faktor risiko penyakit ginjal dan melindungi ginjal.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan buah dan sayuran ke dalam makanan, dapat membantu melindungi ginjal pada pasien penyakit ginjal kronis.

Banyak makanan yang melindungi dari oksidasi termasuk dalam diet ginjal dan membuat pilihan yang sangat baik untuk pasien dialisis atau orang dengan penyakit ginjal kronis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *